Bab 5 - TREND SI/TI MASA
DEPAN
Saat
ini Sistem/Teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Secara
tidak langsung dinamika industri di bidang ini juga meningkat dan menuntut para
profesionalnya rutin dan berkesinambungan mengikuti aktifitas, menambah keterampilan dan pengetahuan baru.
Masa depan teknologi informasi akan didorong oleh
biaya yang rendah dan meningkatnya kekuatan komputer maupun komunikasi.
Kekuatan komputer diukur dalam kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan data
dan keragaman alat-alat input atau output. Kekuatan komunikasi diukur oleh
biaya dan kecepatan transmisi, seperti jumlah
data yang dapat dikomunikasikan dalam satu waktu tertentu. Organisasi bisnis
selalu menunjukkan hasratnya pada aset-aset murah yang memiliki kekuatan untuk
mengubah operasi mereka.
A.
Ekonomi API (Application
Programming Interface)
API
(Application Programming Interface) adalah kumpulan perintah, fungsi, dan
protokol yang dapat digunain oleh programmer saat membuat perangkat lunak untuk
sistem operasi tertentu. API membolehkan programmer untuk menggunakan fungsi
standar sehingga aplikasi-aplikasi saling berinteraksi dengan system operasi tanpa ada campur tangan
pengguna, seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol.
API diterapkan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang
menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk meminta layanan program.
Sebagai
contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah
mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web
pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang
terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.
API sudah tersedia dan telah menjadi pengendali bisnis.
“Aset
utama dari sebuah organisasi dapat digunakan dikembali, dibagikan, diuangkan
melalui API yang dapat memperluas jangkauan jasa atau menyediakan aliran
pendapatan baru,” ujar Deloitte. API publik telah meningkat dua kali lipat
dalam 18 bulan terakhir dan lebih dari 10.000 telah dipublikasikan.
Deloitte
menyatakan: “Yang kita lihat adalah pemecah belahan dan, di banyak kasus,
pendemokrasi industri. Pemain yang berkubu pada jasa finansial akan mengeksplor
platform open banking yang mengurai pembayaran, kredit, investasi, loyalitas
dan jasa peminjaman untuk berkompetisi dengan pemain baru seperti PayPal,
Billtrust, Tilt, dan Amazon yang menggunakan jasa API dalam industri
pembayaran.”
Keuntungan
menggunakan API:
- Portabilitas.
Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem
operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system
call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin
saja berbeda.
- Lebih
mudah dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan
mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal
editing dan pengembangan.
B.
Robot Manusia
Teknologi robotika berkembang
pesat. Di masa depan, beragam robot canggih diproyeksi akan sangat bermanfaat
dalam hidup keseharian manusia. Setiap rumah tangga akan memiliki robot
menangani tugas-tugas rumah tangga seperti menyiapkan roti bakar, minuman,
membersihkan debu, membersihkan jendela dan banyak lagi. Beberapa desainer pun
menelurkan konsep robot canggih yang diperkirakan akan lalu lalang di masa
depan.
Tujuan dibuatnya robot humanoid
yaitu digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset
sendiri harus mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar
ia dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya
mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik
mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada
bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh
keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk
mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah
berkembang terus sepanjang waktu.
Sensor merupakan alat yang dapat mengukur
beberapa atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika
(disamping perencanaan dan pengendalian). Penginderaan memainkan peranan
penting dalam paradigma robotika. Sensor dapat dikategorikan berdasarkan proses
fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi
pengukuran yang mereka berikan sebagai keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan
kedua yang dipergunakan.
Aktuator merupakan motor yang
bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. Robot humanoid dibangun agar mereka mirip dengan tubuh manusia, maka
mereka juga mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi,
walaupun dengan struktur yang berbeda. Supaya dapat mencapai efek yang sama
dengan gerakan manusiarobot humanoid menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat
berbentuk elektrik, pneumatik, hidraulik, piezoelektrik, atau ultrasonik.
C.
Pekerja Teknologi
Informasi Bagi Masa Depan
Berdasarkan
situs Business Insider dan CareerCast,
dalam menganalisa seberapa cepat jenis-jenis pekerjaan dibidang
teknologi akan berkembang dan memprediksi pekerjaan sejenis yang terkait.
Dibawah ini merupakan enam pekerjaan di bidang teknologi yang dibutuhkan di
masa depan, yaitu sebagai berikut.
a. Web Developers :
diperediksi meningkat 27% setiap tahunGaji pertahun: US$64.970 (data 2016 di
AS) Web developers memang bukan yang paling tinggi bayarannya. Tapi, pekerjaan
ini paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Hampir semua perusahaan baik start
up ataupun tipe korporasi, semua mempunyai demand tinggi terhadap web
developers. Hampir semua bidang menggunakan website untuk aktifitas bisnis
mereka.
b. Analis Sistem
Komputer : diperediksi meningkat 21%
setiap tahun Gaji pertahun: US$85.800 (data 2016 di AS) Selama seseorang
bekerja menggunakan komputer dan membuat program, harus ada seorang ahli yang
bekerja untuk menganalisa permasalahan dari pembuatan program tersebut agar
bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih efektif . Oleh karena itu sistem
analis banyak dibutuhkan.
c. Analis Keamanan
Informasi : diperediksi meningkat 18% setiap tahun Gaji pertahun: US$90.120
(data 2016 di AS) Karena penggunaan komputer, alat-alat teknologi dan
penyimpanan data semakin banyak serta penting, maka perusahaan bakal butuh
analis keamanan dari sistem informasi milik perusahaan supaya data-data tetap
aman. Biasanya, pemerintah dari suatu negara dan perusahaan multinasional punya
demand paling tinggi di bidang ini.
d. Developer Software,
Aplikasi : diperediksi meningkat 17% setiap tahun Gaji pertahun: US$100.690
(data 2016 di AS) Keahlian ini dibutuhkan di perusahaan apapun. Dari perusahaan
yang high-tech sampe perusahaan yang punya sistem sederhana. Pengembang
aplikasi dikhususkan untuk mengatur software yang disesuaikan sama kebutuhan
perusahaan.
e. Data Scientist :
diperediksi meningkat 16% setiap tahun Gaji pertahun: US$128.240 (data 2016 di
AS) “In God we trust, others must bring data” adalah salah satu quote favorit
saya. Intinya, kita cuma boleh percaya sama Tuhan, tapi untuk mengahadapi
hal-hal sekitar seperti penerimaan informasi, pengambilan keputusan atau
mengatur rencana dan stategi, semua harus berlandaskan data. Nah, perusahaan
semakin butuh orang-orang yang bisa mengolah dan membaca data.
f. Administrator
Sistem Jaringan dan Komputer : diperediksi meningkat 8% setiap tahun Gaji
pertahun: US$77.810 (data 2016 di AS) Saat ini, tren cloud computing atau
komputasi awan sudah banyak dipakai di berbagai perusahaan. Apa iu komputasi
awan? Intinya, perusahaan nggak perlu beli banyak softwares untuk menjalankan
sebuah sistem. Mereka cukup menyewa per bulan lewat internet. Nah, tuntutan
pekerja di bidang ini otomatis terus meningkat. Mereka yang punya kemampuan
untuk mengerti jaringan dan sistem komputer jadi banyak dibutuhkan.
Bab
6 - TREND SI/TI DALAM BIDANG BISNIS
a) Pengertian
dan Tujuan Bisnis
Bisnis adalah usaha
perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk
mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen.
Setiap bisnis atau perusahaan
berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen,
produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan membuat produk adalah untuk
mendapatkan laba, yakni imbalan/keuntungan yang diperoleh dari penyediaan suatu
produk bagi konsumen.
Pada
umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented
semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1.
Profit
2.
Pengadaan barang atau jasa
3.
Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4.
Full employment
5.
Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6.
Kemajuan atau pertumbuhan
7.
Prestise dan prestasi
Meskipun
tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan
berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih
banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara
satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh
pelaku bisnis itu diantaranya :
·
Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
·
Untuk memakmurkan keluarga
·
Ingin namanya dikenal banyak orang
·
Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
·
Ingin mencoba hal baru
·
Ingin memanfaatkan waktu luang
·
Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
b)
Teknologi Informasi
dan Dunia Bisnis
Teknologi informasi Istilah TI
(Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini
adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI
(Sistem Informasi) atau istilah IS ( Information System ). Istilah TI memang
lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah
informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem
informasi itu sendiri.
Sistem Informasi Bisnis, yaitu
merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang memiliki kesatuan antara satu
dan yang lainnya yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Dalam mendukung
penyampaian suatu informasi maka dimanfaatkanlah teknologi informasi, yang
menggunakan teknologi computer sebagai media utama dalam penyampaian informasi.
Istilah ini merupakan perngembangan dari istilah Sistem Informasi ( information
system ). Semakin tinggi kualitas teknologi informasi yang digunakan maka
tingkat efektfitas dan efisiensi nya semakin baik. Elemen dan sistem bisnis
menurut sumber daya nya yaitu : Sumber
daya Materi, Sumber daya Manusia, Sumber
daya Keuangan, dan Sumber daya Keterampilan Manajemen.
Dalam dunia bisnis peranan
Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau
dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce
adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan
www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
Dengan kemajuan teknologi sangat berguna bagi kemajuan dan
kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan
teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini
adalah beberapa kegunaa TI/SI dalam bidang bisnis:
- Munculnya peluang bisnis baru
(E-business), dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong
beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan
sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan
teknologi dan komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan
untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak
keuntungan.
- Mengurangi biaya produksi dan
operasional, kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam
mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang
besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional
sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang
produksinya.
- Mempermudah proses komunikasi
dan monitoring setiap karyawan, mempermudah proses komunikasi dan monitoring
setiap karyawan yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang
ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk
saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi
lebih praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.
- Akses informasi dan
penyebaran informasi, mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar
luas dengan cepat dibandingankan dengan enggunakan fax atau pos. Kita dapat
menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung
melalui komputer.
- Komunikasi yang cepat,
fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi
dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk
mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat
komunikasi.
c)
Prosedur Pendirian
Bisnis, Kontrak Kerja dan Prosedur Pengadaan
Badan Usaha adalah kesatuan
yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau
keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada
kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara
perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor
produksi.
Perizinan pembuatan badan usaha
perlu dirancang agar dalam pelaksanaan kegiatan, para pelaku dunia usaha
menyadari akan tanggung jawab dan tidak asal dalam melakukan praktik kerja yang
dapat merugikan orang lain atau bahkan Negara. Peraturan perizinan memliki mata
rantai prosedur yang panjangnya bergantung pada skala perusahaan yang akan
didirikan. Adapun yang menjadi pokok yang harus diperhatikan dalam hubungannya
dengan pendirian badan usaha ialah :
Prosedur Pendirian Bisnis
1. Tahapan pengurusan izin
pendirian
Bagi perusahaan skala besar hal
ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan demi kemajuan dan pengakuan
atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah
izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin
sementara, izin tetap hinga izin perluasan. Untuk beberapa jenis perusahaan
misalnya, sole distributor dari sebuah merek dagang, Letter of Intent akan
memberi turunan berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat perjanjian
keagenan yang merupakan izin perluasan jika perusahaan ini memberi kesempatan
pada perusahaan lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi.
Berikut ini adalah dokumen yang
diperlukan, sebagai berikut :
• Tanda Daftar Perusahaan
(TDP);
• Nomor Pokok Wajib Pajak
(NPWP);
• Bukti diri.
Selain itu terdapat beberapa
Izin perusahaan lainnya yang harus dipenuhi :
• Surat Izin Usaha Perdagangan
(SIUP), diperoleh melalui Dep. Perdagangan.
• Surat Izin Usaha Industri
(SIUI), diperoleh melalui Dep. Perindustrian.
• Izin Domisili.
• Izin Gangguan.
• Izin Mendirikan Bangunan
(IMB).
• Izin dari Departemen Teknis.
2. Tahapan pengesahan menjadi
badan hukum tidak semua badan usaha mesti berbadan hukum. Akan tetapi setiap
usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala
besar maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang
dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat
suatu bentuk usaha tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam.
Adapun pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum
Dagang (KUHD), hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing ( UU PMA ).
3. Tahapan penggolongan menurut
bidang yang dijalaniBadan usaha dikelompokkan kedalam berbagai jenis
berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang
tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang
membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian dsb.
4. Tahapan mendapatkan
pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkaitDepartemen
tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan
mengeluarkan izin. Namun diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin
dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional
badan usaha misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian
industri pembuatan obat berupa SIUP. Maka sebgai kelanjutannya, kegiatan ini
harus mendapatkan sertifikasi juga dari BP POM, Izin Gangguan atau HO dari
Dinas Perizinan.
Kontrak Kerja
Kontrak kerja adalah suatu
perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik
untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat
syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban. Setiap perusahaan wajib memberikan
kontrak kerja di hari pertama anda bekerja. Dalam Kontrak kerja biasanya
terpapar dengan jelas pekerja memiliki hak mendapat kebijakan perusahaan yang
sesuai dengan Undang- undang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia. Di
dalamnya juga memuat mengenai prosedur kerja dan kode disiplin yang ditetapkan
perusahaan.
Dari bunyi pasal 1601a KUH
Perdata dapat dikatakan bahwa yang dinamakan KONTRAK KERJA harus memenuhi
persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
-Adanya pekerja dan pemberi
kerja
-Pelaksanaan Kerja
-Waktu Tertentu
-Adanya Upah yang diterima
Syarat sahnya kontrak kerja
Pasal 1338 ayat (1) menyatakan
bahwa perjanjian yang mengikat hanyalah perjanjian yang sah. Supaya sah
pembuatan perjanjian harus mempedomani Pasal 1320 KHU Perdata.
Pasal 1320 KHU Perdata
menentukan syarat sahnya kontrak kerja yaitu adanya :
a. Kesepakatan
Yang dimaksud dengan
kesepakatan di sini adalah adanya rasa ikhlas atau sukarela di antara
pihak-pihak yang membuat perjanjian tersebut. Kesepakatan tidak ada apabila
kontrak dibuat atas dasar paksaan, penipuan, atau kekhilafan.
b. Kewenangan
Pihak-pihak yang membuat
kontrak kerja haruslah orang-orang yang oleh hukum dinyatakan sebagai subyek
hukum. Pada dasarnya semua orang menurut hukum mempunyai kewenangan untuk
membuat kontrak. Yang tidak adalah anak-anak, orang dewasa yang ditempatkan di
bawah pengawasan (curatele), dan orang sakit jiwa. Anak-anak adalah mereka yang
belum dewasa yang menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan
belum berumur 18 (delapan belas) tahun. Meskipun belum berumur 18 (delapan
belas) tahun, apabila seseorang telah atau pernah kawin dianggap sudah dewasa,
berarti cakap untuk membuat perjanjian.
c. Objek yang diatur harus
jelas
Hal ini penting untuk
memberikan jaminan atau kepastian kepada pihak-pihak dan mencegah timbulnya
kontrak fiktif.
d. Kontrak kerja harus sesuai
dengan Undang - Undang.
Maksudnya isi kontrak tidak
boleh bertentangan dengan perundang-undangan. Dan tidak boleh bersifat memaksa,
ketertiban umum, dan atau kesusilaan.
Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri dari
prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa :
a. Prosedur Pengadaan Tenaga
Kerja
Perencanaan Tenaga Kerja.
Perencanaan tenaga kerja adalah
penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara
memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu time
motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas dapat
dilakukan dengan Job Analysis. Job Analysis terbagi menjadi dua, yaitu Job
Description dan Job Specification / Job Requirement. Tujuan Job Analysis bagi
perusahaan yang sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi, penggantian
pegawai, dan penerimaan pegawai baru.
Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja
diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber
internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan
nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik,
dan sebagainya. Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber internal yaitu
lowongan cepat terisi, tenaga kerja cepat menyesuaikan diri, dan semangat kerja
meningkat. Namun kekurangannya adalah menghambat masuknya gagasan baru, terjadi
konflik bila salah penempatan jabatan, karakter lama terbawa terus, dan promosi
yang salah mempengaruhi efisiensi dan efektifitas. Tujuan menarik tenaga kerja
dari sumber internal adalah untuk meningkatkan semangat, menjaga kesetiaan,
memberi motivasi, dan memberi penghargaan atas prestasi. Sumber eksternal yaitu
menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan,
ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet. Keuntungan menarik
tenaga kerja dari sumber eksternal adalah dapat meminimaslisasi kesalahan
penempatan jabatan, lebih berkualitas dan memperoleh ide baru/segar. Namun
kekurangannya adalah membutuhkan proses yang lama, biaya yang cukup besar, dan
rasa tidak senang dari pegawai lama. Tujuan menarik tenaga kerja dari sumber
eksternal adalah untuk memperoleh gagasan/ide baru dan mencegah persaingan yang
negatif.
Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam
menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan
psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan). Terdapat dua
pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan
Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang
dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process
adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk
mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
Penempatan Tenaga Kerja
Penempatan tenaga kerja adalah
proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang
bersangkutan dengan job specification-nya. Indikator kesalahan penempatan
tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi konflik, biaya
yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
b. Prosedur Pengadaan Barang
dan Jasa
Berdasarkan Keppres No. 80/2003
tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa terdapat beberapa metode pemilihan
serta sistem penilaian kompetensi penyedia barang dan jasa. secara umum
jenis-jenis metode pemilihan penyedia barang dan jasa, yang antara lain:
Metode Pelelangan Umum
Metode pelelangan umum
merupakan metoda pemilihan penyedia barang/jasa yang relatif banyak dilakukan.
Pelelangan umum dilakukan secara terbuka dengan pengumuman secara luas melalui
media massa dan papan pengumuman resmi untuk penerangan umum sehingga
masyarakat luas dunia usaha yang berminat dan memenuhi kualifikasi dapat
mengikutinya. Semua pengadaan pada prinsipnya harus dapat dilelang dengan cara
diumumkan secara luas agar dapat menciptakan persaingan yang sehat.
Pelelangan Terbatas
Pelelangan terbatas dilakukan,
jika pelelangan umum sulit dilaksanakan karena penyedia barang/jasa yang mampu
mengerjakan diyakini terbatas dan pekerjaannya kompleks, maka dilakukan
pelelangan terbatas. Pekerjaan kompleks adalah pekerjaan yang memerlukan
teknologi tinggi atau mempunyai resiko tinggi atau yang menggunakan peralatan
yang didesain khusus atau bernilai di atas Rp. 50.000.000.000,- (lima puluh
miliar rupiah). Pelelangan terbatas diumumkan secara luas melalui media massa
dan papan pengumuman resmi dengan mencantumkan penyedia barang/jasa yang telah
diyakini mampu, guna memberi kesempatan kepada penyedia barang/jasa lainnya
yang memenuhi kualifikasi.
Pemilihan Langsung
Bila pelelangan umum dan
pelelangan terbatas sulit dilaksanakan dan kemungkinan tidak akan mencapai
sasaran, maka dilakukan pemilihan langsung. Pemilihan langsung dapat
dilaksanakan untuk pengadaan yang bernilai sampai dengan Rp. 100.000.000,-
(seratus juta rupiah). Metoda pemilihan langsung, yaitu pemilihan penyedia
barang/jasa yang dilakukan dengan membandingkan sebanyak-banyaknya penawaran,
sekurang-kurangnya 3 (tiga) penawaran dari penyedia barang/jasa yang telah
lulus prakualifikasi serta dilakukan negosiasi baik teknis maupun biaya serta
harus diumumkan minimal melalui papan pengumuman resmi untuk penerangan umum
dan bila memungkinkan melalui internet. Pejabat/Panitia Pengadaan mengundang
penyedia barang/jasa untuk memasukkan penawaran kemudian membandingkan
penawaran tersebut yang memenuhi syarat. Negosiasi teknis dan harga dilakukan
secara bersaing.
Penunjukan Langsung
Berdasarkan ketentuan dalam
Keppres No 80/2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa, Penunjukan
langsung dalam pengadaan barang/jasa dapat dilaksanakan dalam hal memenuhi kriteria
yang antara lain:
- Terjadi keadaan darurat untuk pertahanan negara, keamanan dan keselamatan
masyarakat yang pelaksanaan pekerjaannya tidak dapat ditunda, atau harus
dilakukan segera, termasuk penanganan darurat akibat bencana alam,
- Pekerjaan yang bersifat rahasia
dan menyangkut pertahanan serta keamanan negara yang ditetapkan oleh Presiden,
- Pekerjaan berskala kecil dengan
nilai paket pekerjaan maksimum Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah),
- Paket pekerjaan berupa
pekerjaan/barang spesifik yang hanya dapat dilaksanakan oleh satu penyedia
barang/jasa, pabrikan, pemegang hak paten tertentu,
- Paket pekerjaan merupakan hasil
produksi usaha kecil atau koperasi kecil atau pengrajin industri kecil yang
telah mempunyai pasar dan harga yang relatif stabil,
- Paket pekerjaan bersifat kompleks
dan hanya dapat dilaksanakan dengan penggunaan teknologi khusus dan/atau hanya
ada satu penyedia barang/jasa yang mampu mengaplikasikannya.
d)
Aplikasi Bisnis
Aplikasi bisnis adalah Kegiatan
yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan
nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi, yang
dipadukan dengan teknologi informasi untuk mengolah data dalam berbagai cara
untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Beberapa contoh Aplikasi Bisnis
:
* E-Banking
* E-Commerce
* M-Dagang / M-Commerce
Keuntungan Aplikasi Bisnis :
* Semakin maraknya penggunaan
teknologi informasi akan semakin membuka lapangan pekerjaan
* Bisnis yang berbasis
teknologi informasi atau yang bisa disebut e-commerce dapat mempermudah
transaksi & bisnis suatu perusahaan/perorangan
* Dengan fasilitas pemasangan
iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi
dan pemasaran suatu produk.
Kerugian Aplikasi Bisnis :
* Dengan mudahnya melakukan transaksi di
internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang
seperti transaksi barang selundupan/ transaksi narkoba
* Hal yang sering terjadi
adalah pembobolan rekening suatu lembaga/perorangan yang mengakibatkan kerugian
financial yang besar
* Semakin banyaknya masyarakat
mengakses situs-situs akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat
merusak system teknologi informasi pada e-goverment
e)
Proses dan Strategi
Pengembangan Bisnis TI
A. Dasar perencanaan
Proses perencanaan atau
planning adalah bagian dari daur kegiatan manajemen yang terutama berhubungan
dengan pengambilan keputusan (decision making)untuk masa depan, baik jangka
panjang maupun jangka pendek, sehubungan dengan pokok pertanyaan: apa, siapa,
bagaimana, kapan, di mana, dan berapa, baik sehubungan dengan lembaga yang
dimanajemeni maupun usaha-usahanya.dapat dilaksanakan menyeluruh, misalnya
dalam perencanaan korporat, perencanaan strategis, atau perencanaan jangka
panjang.
1.) Pedoman Perencanaan
Karena sebuah rencana dibuat untuk kemudian dilaksanakan, maka
penyusunannya harus mengingat beberapa patokan atau pedoman utama, yakni:
1.1. Kemampuan
1.2. Kondisi dan Situasi
1.3. Tanggung Jawab
1.4. Kerjasama
2.) Sifat Perencanaan
Kecuali beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan dalam membuat
perencanaan, maka sebuah rencana yang baik harus memiliki sifat-sifat:
a. Rasional, artinya rencana dibuat berdasarkan pemikiran dan perhitungan
yang masak, sesuai dengan kemampuan yang ada.
b. Luwes, atau fleksibel, artinya rencana dapat mudah menyesuaikan diri
dengan perubahan/perkembangan situasi dan kondisi yang mungkin terjadi.
3.) Macam-macam Perencanaan
Suatu perencanaan dapat dilihat dari 4 sudut pandangan, yaitu:
3.1. Tingkatan Manajemen
3.2. Jangka waktu
3.3. Daerah berlakunya
3.4. Materi Perencanaan
B. Tantangan implementasi
Tantangan dalam
implementasi pengembangan system informasi adalah orang-orang yang terlibat
dalam pengembangan system informasi yaitu departemen operasional sebagai
end-user dan IT sebagai pengembang dan tentu saja sebagai support dan manajemen
sebagai leader yang membuat definisi goal yang akan dicapai. Jika system yang
akan di-implementasikan adalah system informasi yang terintegrasi maka
tantangannya akan sangat besar karena meliputi keseluruhan organisasi yang bisa
saja melibatkan pihak eksternal.
C. Pengembangan
Sistem Bisnis
1. Pengembangan
Sistem Informasi
Ketika pengembangan
sistem untuk penyelesaian masalah diterapkan untuk pengembangan solusi sistem
informasi terhadap masalah bisnis, maka hal ini disebut Information Systems
Development (pengembangan sistem informasi) atau Application Development
(pengembangan aplikasi). Bagian ini akan menunjukkan kepada anda bagaimana
pendekatan sistem dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan sistem
e-business yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahan, karyawan, dan
pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap perusahaan (stakeholder).
2. Pendekatan
Sistem
System Approach
untuk penyelesaian masalah menggunakan orientasi sistem untukmerumuskan masalah
dan peluang dan mengembangkan solusi. Menganalisis masalah dan memformulasikan
solusi melibatkan aktivitas yang saling berhubungan di bawah ini:
1. Kenali dan rumuskan Masalah atau Peluang dengan menggunakan pemikiran
sistem.
2. Kembangkan dan evaluasi alternatif solusi sistem.
3. Pilih solusi sistem yang memenuhi persyaratan anda.
4. Desain solusi sistem yang dipilih.
5. Implementasikan dan evaluasi kesuksesan sistem yang telah didesain.
3. Siklus
Pengembangan Sistem
Menggunakan
pendekatan sistem untuk mengembangkan solusi sistem informasi dapat dipandang
sebagai proses multilangkah yang disebut Information Systems Development Cycle
(siklus pengembangan sistem informasi), yang juga dikenal sebagai System
Development Life Cycle-SDLC (siklus hidup pengembangan sistem). Gambar berikut
mengilustrasikan apa yang terjadi pada tiap langkah dari proses ini, yang
mencakup langkah:
1. Investigasi
2. Analisis
3. Desain
4. Implementasi
5. Pemeliharaan
4. Implementasi Sistem Bisnis
f)
Aturan E-Business
Pada Bisnis
1. Komunikasi
Yang dimaksud dengan komunikasi
adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran
informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara
elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media komunikasi
yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi syarat utama
terselenggaranya.
2. Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial yang disyaratkan
pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai
dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang.
Pembeli barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung
tetapi melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan
untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk
mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk
pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran
misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh
pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
3. Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business yang
ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin
dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama
pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis
jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
4. Layanan
Bagi setiap institusi yang
menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet
seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis,
dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta
spesifikasinya bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui
website), tidak diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja
dengan menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat
dilayani secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam
dan bisa dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
5. Learning
Untuk meningkatkan awareness
baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting
agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan
dari transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli
dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan transaksi
online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan dengan manusia tetapi
dengan mesin computer maka diperlukan proses edukasi agar mereka bisa
menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.
6. Kolaborasi
Satu siklus transaksi online
antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus berkolaborasi
untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka akan terjadi
kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank atau penyedia kartu
kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar maka terjadi
kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa pengiriman
barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak lain yang juga
terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun atas
barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
7. Komunitas
Dalam dunia maya (world wide
web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas
pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk
belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun
pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Sumber :
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/kegunaan-api-aplikasi-penghubung.html
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini.html
http://rezadaniss.blogspot.co.id/2014/05/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja.html
http://autobeach.blogspot.co.id/2014/10/pengembangan-bisnisstrategi-solusi_19.html
http://asqabete.blogspot.co.id/2012/01/aturan-pada-e-business.html
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini.html
http://rezadaniss.blogspot.co.id/2014/05/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja.html
http://autobeach.blogspot.co.id/2014/10/pengembangan-bisnisstrategi-solusi_19.html
http://asqabete.blogspot.co.id/2012/01/aturan-pada-e-business.html
http://riansetyawan72.blogspot.co.id/2016/11/trend-si-di-masa-depan-dan-di-dunia.html
https://arafarra17.blogspot.co.id/2016/11/trend-siti-masa-depan-dan-trend-siti.html
Komentar
Posting Komentar