Bab 7 - TREND SI/TI DALAM
BIDANG KESEHATAN
Saat ini Sistem/Teknologi
Informasi berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi telah merubah
bagaimana cara kita hidup dan bekerja. Perkembangan teknologi informasi dunia
yang begitu pesat sekarang ini telah merambah ke berbagai sektor. Seiring
dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita juga dituntut untuk dapat
memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu cara memanfaatkan
perkembangan teknologi informasi adalah penggunaan komputer di berbagai bidang
kehidupan.
A.
Perkembangan,
Manfaat, dan Peranan Komputer di Bidang Kedokteran
·
Perkembangan
Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang pesat. Perkembangan
dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia.
Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan.
Dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk
meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Salah satu contoh
pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat
kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG
(Ultra sonografi).
USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang
ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz
– 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor. Pada
awalnya penemuan alat USG diawali dengan penemuan gelombang ultrasonik kemudian
bertahun-tahun setelah itu, tepatnya sekira tahun 1920-an, prinsip kerja
gelombang ultrasonik mulai diterapkan dalam bidang kedokteran. Penggunaan
ultrasonik dalam bidang kedokteran ini pertama kali diaplikasikan untuk
kepentingan terapi bukan untuk mendiagnosis suatu penyakit. Dalam hal ini yang
dimanfaatkan adalah kemampuan gelombang ultrasonik dalam menghancurkan sel-sel
atau jaringan “berbahaya” ini kemudian secara luas diterapkan pula untuk
penyembuhan penyakit-penyakit lainnya.
·
Manfaat
Manfaat dari penerapan komputer
dalam bidang kesehatan/kedokteran di tiap-tiap aplikasinya antara lain sebagai
berikut :
-
Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok.
- Melihat
dan menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam manusia.
- Memonitoring
status pasien, merecord data pribadi dan riwayat penyakit pasien.
- Melakukan
penelitian ilmiah yang diperlukan.
- Mendeteksi
DNA seseorang.
- Mengecek dan mengethaui hasil tes darah di
laboratorium.
- Sebagai
alat Bantu dalam pemeriksaan medis.
·
Peranan
Dalam bidang kesehatan,
komputer sangat berperan penting. Penggunaan komputer dalam bidang kesehatan
tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya, tetapi juga oleh
organisasi tersebut, dalam hal ini misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik, dan
lain sebagainya.
Komputer dapat digunakan mulai
dari penyimpanan dan pengolahan data administrasi suatu rumah sakit atau
klinik, hingga melakukan riset bidang kedokteran, mendiagnosis penyakit,
menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang
sulit dilihat.
Peranan komputer dalam bidang kesehatan sangat banyak dan
penting. Peranan-peranan tersebut antara lain :
ü Bidang administrasi
Dengan adanya komputer di dalam
dunia administrasi sangat membantu di dalam penyimpanan, pengelompokan, dan
pengolahan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa
banyaknya data – data pasien, stok obat, dan data – data lainnya yang dimiliki
oleh rumah sakit. Namun dengan adanya komputer, memeriksa data – data pasien,
stok obat dan juga data keuangan rumah sakit akan mudah dan praktis untuk
dilakukan. Dengan adanya penggunaan komputer dan sistem – sistem yang canggih
di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu sistem di rumah sakit tersebut.
ü Bidang farmasi
Dalam bidang obat – obatan
komputer juga berperan sangat penting dalam farmasi, misalnya untuk merecord
resep dan dosis, serta menyimpan data harga obat – obatan tersebut. Selain itu,
dengan adanya komputer dalam bidang farmasi juga membantu untuk mengelompokkan
macam-macam obat berdasarkan kegunaannya, misalnya Panadol, Feminax, Ponstan
adalah obat penahan rasa sakit.
ü Mendiagnosa suatu
penyakit
Dengan adanya komputer DNA yang
sudah di rancang khusus di dalam bidang kesehatan mendiagnosa suatu penyakit
bukan hal yang sulit lagi, karena dengan menggunakan komputer akan lebih cepat,
mudah dan akurat untuk mengetahui nama dan jenis suatu penyakit.
ü Memonitoring status
pasien
Pasien yang sudah pernah datang
atau baru pertama kali berobat akan dengan mudah dilacak. Data – data personal
pasien juga dengan mudah dilihat. Selain itu, dokter ataupun perawat dapat
melihat rekaman hasil periksa, keluhan dan riwayat penyakit sebelumnya yang
pernah diderita oleh si pasien, tanggal kedatangan pasien terakhir kali
berobat, record resep yang pernah diberikan, dan masih banyak lagi.
ü Penelitian
Penelitian ilmiah yang sering
dilakukan dalam bidang kesehatan sangatlah bergantung pada penggunaan komputer.
Penggunaan komputer dapat memaksimalkan hasil penelitian, karena dengan adanya
komputer penelitian itu dapat di telusuri lebih dalam dan lebih detail.
Misalnya penelitian untuk mendeteksi bakteri atau virus baru, pendeteksian DNA,
dan lain sebagainya.
ü Melihat dan
menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam manusia
Untuk dapat melihat organ tubuh
bagian dalam manusia telah ditemukan begitu banyak alat canggih, namun hampir
seluruh alat tersebut masih bergantung pada perangkat komputer sebagai sarana
untuk penyaluran data ataupun gambarnya. Oleh karenanya, komputer memiliki
peranan yang vital juga dalam melihat dan menganalisa organ – organ tubuh
manusia tersebut.
Contoh penggunaan sistem komputer untuk menganalisa organ
– organ tubuh :
o System Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk
menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak
bergerak dengan menggunakan sinar-X.
o
System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) berguna untuk
melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh secara bergerak.
o
SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography)
merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi
partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
o
PET (Position Emission Tomography) merupakan sistem
komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif.
o
NMR (Nuclear Magnetic Resonance) yaitu teknik mendiagnosa
dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.
o
USG (Ultra Sonography) adalah suatu alat dalam dunia
kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang
memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya
ditampilkan dalam layar monitor berupa gambar dua dimensi atau tiga dimensi.
o
Helical CT-SCAN adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh
secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagital, paling
kecil jarak antara potongan 3 mm.
o
Magnetic Resonance Imaging ( M R I ) adalah alat untuk
pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal,
coronal dan sagita.
B.
Pengertian E-Health
E-Health atau Electronic Health adalah penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi termasuk pula elektronika, telekomunikasi, computer dan informatika
untuk memproses berbagai jenis informasi kedokteran, guna melaksanakan
pelayanan klinis (diagnose atau terapi), adaministrasi serta pendidikan. Dalam
E-health factor jarak tidak dipersoalkan karena semua kegiatannya di lakukan
melalui koneksi data dan secara realtime.
C.
Diagram Sistem
E-Health
Secara sederhana sistem
E-Health terdiri atas sejumlah “Stasiun Medis” yang satu sama lain dihubungkan
dalam suatu jaringan (Network). Suatu stasiun medis sendiri dapat terdiri atas:
1) Komputer dengan perangkat
lunak di dalamnya
2) Sebuah perangkat antar-muka
pasien
3) Sejumlah instrument
biomedika (tergantung keperluan)
4) Sebuah perangkat antar-muka
pengguna (berikut alat input output yang digunakan)
5) Jaringan dan perangkat
telekomunikasi yang tersedia.
Pada dasarnya setiap stasiun
medis dapat berhubungan dengan stasiun medis lainnya secara
1) Real-time (secara sinkron),
contohnya saat telekonsultasi antara dokter umum dan dokter spesialis mengenai
kasus darurat seorang pasien.
2) Store and forward,
pengiriman informasi dan pembacaannya tidak pada saat yang sama, contohnya
dalam penyampaian singkat jumlah rekapitulasi jumlah pasien di suatu puskesmas
selama sebulan beserta informasi penting secara singkat.
D.
Manfaat E-Health
Sistem
E-Health ini begitu bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kedokteran saat ini,
dikarenakan untuk mengimbangi tingginya aktivitas dan penyampaian informasi
secara detail dan cepat memang memerlukan penerapan suatu teknologi berbasis
komputerisasi, berikut manfaat lain dari penerapan sistem E-Health dalam dunia
kedokteran :
1. Peningkatan efisiensi atau penurunan biaya.
2. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
3. Pembuktian diagnose melalui evaluasi
ilmiah
4. Pemberdayaan pasien dan konsumen
5. Mendorong terjadinya hubungan yang lebih
baik antara pasien dan tenaga kesehatan
6. Pendidikan bagi tenaga kesehatan dan
masyarakat
7. Mendorong tumbuhnya komunikasi informasi
antar lembaga pelayanan kesehatan
8. Perluasan ruang lingkup pelayanan
kesehatan.
E.
Contoh Penerapan
E-Health
o
Sistem Resep Elektronik
Merupakan sistem komputerisasi penulisan resep obat yang
juga dikenal dengan E-Prescription, dimana pada sistem ini dokter menuliskan
dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi/apotek menggunakan media elektronik
menggantikan tulisan tangan dan penggunaan media kertas.
Sistem ini dibuat untuk menghindari terjadinya ROM
(Reaksi Obat Merugikan) yang biasa disebabkan oleh adanya kesalahan pemakaian
obat selama dalam penanganan tenaga kesehatan, yang sebenarnya hal ini dapat
dicegah apabila dilakukan dengan lebih teliti dan hati-hati.
Kesalahan tersebut dapat dibagi dalam 4 fase :
1. Fase
penulisan resep
2. Fase
pembacaan resep
3. Fase
penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas apotek
4. Fase
penggunaan obat oleh pasien
o
Cara Kerja Sistem Resep Elektronik
Resep elektronik ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak,
perangkat keras yang digunakan adalah computer dan perangkat lunak yang
digunakan adalah perangkat lunak resep elektronik dengan modul pendeteksi ROM
(Reaksi Obat Merugikan). Satu computer digunakan sebagai server (pusat data).
Server tersebut dihubungkan dengan computer-komputer lainnya menggunakan hub
pada LAN (Local Area Network). Perangkat lunak hanya di instalasi di computer
server saja dan sistem ini dapat digunakan pada satu, dua atau banyak computer.
Perangkat lunak pada sistem resep elektronik pendeteksi ROM ini secara
sederhana mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. Mencatat semua data pasien yang dapat dengan
mudah dicari kembali
b. Menulis resep elektronik tanpa kertas dan
dapat langsung dikirim ke apotek, sehingga pasien dapat langsung pergi ke
apotek untuk ambil obat.
c. Membantu bapak ibu dokter dalam menulis resep
dengan memberikan informasi mengenai obat yang akan diresepkan dan mendeteksi
apabila ada interaksi antara obat-obata tersebut dalam resep dengan memberi
peringatan sebelum obat dikirimkan ke apotek.
d. Mencatat
data penggunaan obat
e. Membuat laporan dengan lebih cepat dan
mudah.
F. Bioinformatika
Bioinformatika
(bioinformatics) adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional
untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup
penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk
memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA
dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Pada umumnya,
Bioinformatika didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa
untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi.
1. Manfaat Bioinformatika
Bioinformatika
berperan sebagai penunjang suatu proses penelitian sampai akhirnya menjadi
produk yang dapat digunakan khalayak ramai untuk kepentingan tertentu.
Bioinformatika menyediakan tools yang dapat dipakai untuk memahami fenomena
biologis secara molekuler. Keberhasilan memetakan genom manusia mendorong
berbagai penelitian biomedis untuk mempelajari dan memahami penyakit sampai
tingkat gen dan molekuler sehingga memungkinkan ditemukannya pengobatan klinis
yang lebih baik, target obat baru, dan pencegahan berbagai penyakit yang sampai
saat ini belum ada obatnya.
2. Bidang-bidang
terkait Bioinformatika
a. Biophysics
Biologi molekul
sendiri merupakan pengembangan yang lahir dari biophysics. Biophysics adalah
sebuah bidang yang mengaplikasikan teknik- teknik dari ilmu Fisika untuk
memahami struktur dan fungsi biologi (British Biophysical Society ). Disiplin
ilmu ini terkait dengan Bioinformatika karena penggunaan teknik-teknik dari
ilmu Fisika untuk memahami struktur.
b. Computational Biology
Fokus dari
computational biology adalah gerak evolusi, populasi, dan biologi teoritis
daripada biomedis dalam molekul dan sel. Pada penerapan computational biology,
model-model statistika untuk fenomena biologi lebih disukai dipakai
dibandingkan dengan model sebenarnya. Dalam beberapa hal cara tersebut cukup
baik mengingat pada kasus tertentu eksperimen langsung pada fenomena biologi
cukup sulit. Tidak semua dari computational biology merupakan Bioinformatika,
seperti contohnya Model Matematika bukan merupakan Bioinformatika, bahkan
meskipun dikaitkan dengan masalah biologi.
c. Medical Informatics
Medical informatics
lebih memperhatikan struktur dan algoritma untuk pengolahan data medis,
dibandingkan dengan data itu sendiri dan kemungkinan besar berkaitan dengan
data-data yang didapatkan pada level biologi yang lebih “rumit” –yaitu
informasi dari sistem-sistem superselular, tepat pada level populasi— di mana
sebagian besar dari Bioinformatika lebih memperhatikan informasi dari sistem
dan struktur biomolekul dan selular.
d. Cheminformatics
Cheminformatics
adalah kombinasi dari sintesis kimia, penyaringan biologis, dan pendekatan
data-mining yang digunakan untuk penemuan dan pengembangan obat (Cambridge
Healthech Institute’s Sixth Annual Cheminformatics conference). Pengertian
disiplin ilmu yang disebutkan di atas lebih merupakan identifikasi dari salah
satu aktivitas yang paling populer dibandingkan dengan berbagai bidang studi
yang mungkin ada di bawah bidang ini. Salah satu contoh penemuan obat yang
paling sukses sepanjang sejarah adalah penisilin.
e. Genomics
Genomics adalah
bidang ilmu yang ada sebelum selesainya sekuen genom, kecuali dalam bentuk yang
paling kasar. Genomics adalah setiap usaha untuk menganalisa atau membandingkan
seluruh komplemen genetik dari satu spesies atau lebih. Secara logis tentu saja
mungkin untuk membandingkan genom-genom dengan membandingkan kurang lebih suatu
himpunan bagian dari gen di dalam genom.
f. Proteomics
Proteomics adalah
Ilmu yang mempelajari proteome. Proteomics saat ini tidak hanya memperhatikan
semua protein di dalam sel yang diberikan, tetapi juga himpunan dari semua
bentuk isoform dan modifikasi dari semua protein, interaksi diantaranya,
deskripsi struktural dari protein-protein dan kompleks-kompleks orde tingkat
tinggi dari protein
g. Pharmacogenomics
Pharmacogenomics
adalah aplikasi dari pendekatan genomik dan teknologi pada identifikasi dari
target-target obat. Contohnya meliputi menjaring semua genom untuk penerima
yang potensial dengan menggunakan cara Bioinformatika, atau dengan menyelidiki
bentuk pola dari ekspresi gen di dalam baik patogen maupun induk selama
terjadinya infeksi, atau maupun dengan memeriksa karakteristik pola-pola
ekspresi yang ditemukan dalam tumor atau contoh dari pasien untuk kepentingan
diagnosa (kemungkinan untuk mengejar target potensial terapi kanker).
f. Pharmacogenetics
Tiap individu mempunyai respon
yang berbeda-beda terhadap berbagai pengaruh obat; sebagian ada yang positif,
sebagian ada yang sedikit perubahan yang tampak pada kondisimereka dan ada juga
yang mendapatkan efek samping atau reaksi alergi. Sebagian dari reaksi-reaksi
ini diketahui mempunyai dasar genetik. Pharmacogenetics adalah bagian dari
pharmacogenomics yang menggunakan metode genomik/Bioinformatika untuk
mengidentifikasihubungan-hubungan genomik, contohnya SNP (Single Nucleotide
Polymorphisms), karakteristik dari profil respons pasien tertentu dan
menggunakan informasi-informasi tersebut untuk memberitahu administrasi dan
pengembangan terapi pengobatan.
Bab
8 - TREND SI/TI DALAM BIDANG MEDIA/NEW
MEDIA
Saat ini Sistem/Teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Perkembangan
teknologi telah merubah bagaimana cara kita hidup dan bekerja. Perkembangan
teknologi informasi dunia yang begitu pesat sekarang ini telah merambah ke
berbagai sektor, salah satunya adalah media.
a) Manfaat
Media
o Bidang Sosial
Dalam
bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam
jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter,
skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial
ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia
manapun.
o Bidang Industri/Dagang
Dalam
bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung
didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya
melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
o Bidang Pendidikan
Dalam
bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan
materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan
segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa
membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
b)
Tentang New Media
New media diartikan
sebagai media yang dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan suatu informasi
maupun untuk memberikan suatu informasi. New Media adalah media yang sedang
berkembang saat ini dalam konteks teknologi, informasi maupun komunikasi. Media
Modern menjadi Payung Kehidupan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia, dan
Manusia dengan Teknologi pada abad ini. New media dijadikan sebagai perantara
antara perangkat digital dengan manusia. Pengguna dapat lebih interaktif dalam
melakukan suatu interaksi sosial .
Teknologi yang
paling digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki
karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan
interaktif. Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer,
game komputer, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program-program
televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis -. Kecuali mereka
mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital.
Media Baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup
kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi
di akhir abad ke-20.
c)
Elemen Media
Berikut ini adalah gambaran tentang elemen-elemen multimedia
yang paling mendasar :
1) Teks, merupakan elemen multimedia yang menjadi
dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang
paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Biasanya
dihasilkan oleh program pengolah kata dan merupakan informasi yang utama pada
sebagian besar multimedia. Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen,
karena hamper seluruh aplikasi multimedia menggunakan teks sebagai alat
presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan suatu nama,
definisi atau aturan.
2) Gambar. Adanya gambar dalam multimedia,
penyampaian informasi akan menjadi semakin efektif dan bermanfaat, terutama
informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar dapat dibagi
menjadi tiga katagori :
1) Gambar dari dunia nyata : lukisan, scanning foto
2) Gambar dari dunia maya : dibuat dengan program aditor
3) Gambar gabungan dunia nyata dan dunia maya
3) Suara (Audio). Multimedia
tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga katagori :
1) Ucapan (speech) : suara orang berbicara
2) Musik (music) : suara yang dihasilkan oleh alat music
3) Efek suara (sound effect) : suara yang dibuat untuk
menciptakan kesan atau kejadian, seperti suara tembakan, halilintar, gelas
pecah, dll.
4) Video, merupakan gabungan elemen multimedia
yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yanga ada untuk
menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang diambil melalui
suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.
5) Animasi. Animasi mengacu pada gambar-gambar yang
bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame
(bingkai-bingkai) gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan.
Animasi dapat dibagi ke dalam dua katagori :
1) Animasi buatan. Animasi yang dihasilkan oleh manusia
melalui bantuan program komputer.
2) Animasi video. Animasi yang dihasilkan melalui rekaman
darikamera video dan kejadian yang sesungguhnya.
d)
SEO – Contoh Kasus
SEO atau Search Engine Optimization (biasa disingkat SEO)
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju
situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada
posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan
kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati
posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.
Contoh kasus:
Saya ingin mendownload e-book berjudul mengenai SEO dalam
format PDF, untuk memudahkan pencarian, saya menggunakan SEO dalam menargetkan
konten yang memuat tipe file pdf.
- tidak menggunakan SEO
karena saya tidak tahu buku yg mengenai SEO maka saya
hanya ketikkan ‘Download SEO’ dan hasil pencarian menjadi tidak seperti apa yang
saya inginkan, tidak ada konten pdf bahkan hasil penarian memuat iklan yang
tidak saya inginkan.
- menggunakan SEO
sekarang saya menggunakan SEO dengan menambahkan ‘:pdf’ untuk memunculkan
konten yg bertipe pdf pada hasil pencarian teratas. Dan ternyata hasil
pencarian teratas memunculkan apa yang saya cari. SEO sangat memudahkan dan
mempersingkat waktu yang digunakan untuk pencarian konten.
Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO, diantaranya yaitu :
1) Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search
Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar,
tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil
pencarian dari Google Planner.
2) Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang
menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari
di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1,
maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3) Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs
lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih
banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya
yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan
SEO.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar