Sejarah
Perkembangan
Sistem
Informasi / Teknologi Informasi
A. Sejarah Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk
mengolah data, meliputi: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas.
Manusia memiliki dua fungsi kedudukan dalam
kehidupan ini yaitu sebagai individudan mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial,
manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya dan merupakan kebutuhan penting agar dapat
melakukan interaksi dengan baik. Atas dasar kebutuhan tersebut, manusia
berupaya mencari dan mencipta sistem dan alat untuk saling berinteraksi, mulai
dari gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata,
kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
Perkembangan
sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu
sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi IT/Information
Technology. Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding,
prasasti-prasasti, sampai informasi yang
kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan
juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada
informasi strategis seperti taktik bertempur.
Memperhatikan
perkembangan informasi tersebut, kita akan mempelajari secara singkat sejarah
teknologi infomasi dalam upaya untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan
tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa
pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.
a. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa ini teknologi informasi
masih menjadi sesuatu yang asing, namun pada zaman itu manusia sudah mulai
menemukan teknologi teknologi sederhana yang bisa berguna bagi kehidupan
mereka. dan penemuan penemuan teknologi tersebut kemudian mereka gambar pada
dinding – dinding gua tempat mereka tinggal.
b. Masa Sejarah (3000 SM s/d
1400-an M)
Pada zaman ini manusia sudah mulai
berkembang sedikit demi sedikit dalam penemuan teknologi, dan sudah terlihat
pada zaman itu manusia lebih pintar daripada sebelumnya. teknologi yang
ditemukan pun sudah semakin memudahkan hidup mereka.dan pada zaman tersebut untuk
saling bertukar informasi semakin mudah daripada zaman sebelumnya.
1) Masa
Tahun 3000SM
Pada masa
ini orang mulai mengenal simbol atau tulisan dan ditemukan pertama kali simbol
untuk informasi, digunakan oleh Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu
itu berupa simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol
atau huruf-huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam
penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat
dan bahasa.
2) Masa
Tahun2900 SM
Pada masa
ini ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang
disebut Hierogliph. Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah
ungkapan. Untuk setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, dan
apabila digabungkan menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan arti
tersendiri. Bentuk tulisan dan bahasa hierogliphini lebih maju dan lengkap
dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
3) Masa
Tahun 500 SM
Masa ini
ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan
lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk
menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon. Serat papyrus yang
berasal dari pohon Papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini dijadikan media menulis/media informasi pada
masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan
tanah sebagai media informasi. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal
media yang kita kenal sekarang ini yaitu media kertas.
4) Masa
Tahun 1455
Masa ini
ditandai dengan upaya menciptakan mesin cetak. Pasa masa ini manusia sudah
menggunakan mesin cetak yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian
plat tersebut diganti dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan
dikembangkan untuk pertama kali oleh Johann Gutenberg.
5) Masa
Tahun 1800-an
Pada
tahun 1830 orang sudah mengenal program komputer. Augusta Lady Byronpertama
menulis program komputer yang berkerjasama dengan Charles Babbage. Mereka
menggunakan mesin analytical. Mesin analytical dengan programnya didesain untuk
mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah
kartu. Selanjutnya, mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang
pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis dari yang bersifat
digital. Mesin ini merupakan cikal bakal komputer digital pertama ENIAC I pada
94 tahun kemudian.
Pada tahun
1837 ditandai dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse mengembangkan
telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles
Wheatstone. Mereka mengirim informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat
yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.
Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu mencapai selisih waktu yang baik
dan hampir terjadi pada waktu yang bersamaan. Penemuan ini memungkinkan
informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa
dirintangi atau dibatasi oleh jarak dan waktu.
Pada
tahun 1861 orang sudah memikirkan bagaimana menampilkan informasi dalam bentuk
gambar bergerak dalam media layar. Masa itu pula gambar bergerak yang
peroyeksikan ke dalam sebuah layar untuk yang pertama kali di gunakan. Penemuan
ini merupakan cikal bakal teknologi film sekarang.
Pada
tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal. Pada tahun
1877 Alexander Graham Bell mengembangkan
telepon yang dipergunakan secara umum. Pada tahun itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi
ditemukan oleh Edweard Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem
penyimpanan dalam tape (pita) magnetis untuk yang pertama.
c. Masa Tahun 1900-an
Pada kurun waktu ini sudah banyak teknologi
informasi yang ditemukan seperti tabung tv pada tahun 1923,Komputer Digital
pertama di Dunia pada Tahun 1946, Mengembangkan Transistor pada Tahun
1948,Sistem jaringan pada tahun 1969, Program E-mail pada Tahun 1972,
Diperkenalkan nya WWW pada tahun 1992.
B. Perkembangan Komputer
a. Komputer Generasi I

Sejarah perkembangan komputer generasi
pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Pada generasi ini
komputer masih banyak mengeluarkan panas.
2.
Menggunakan komponen
elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
3.
Program dibuat dalam
bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori
komputer.
4.
Untuk
mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
5.
Kapasitas yang disediakan
untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
6.
Programnya masih
menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
7.
Prosesnya relatif lambat.
8.
Mempunyai Ukuran atau
bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup
lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
9.
Orientasi utama pada
aplikasi bisnis.
10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
b.
Komputer Genarasi Kedua
Generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor
sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb
menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukura n
mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun
1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua
ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Program dapat dibuat
dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL,
ALGOL.
2.
Kapasitas memori utama
sudah lumayan besar
3.
Sirkutinya adalah
transistor.
4.
Ukuran fisik komputer
lebih kecil dari komputer generasi pertama
5.
Tidak membutuhkan terlalu
banyak listrik
6.
berorientasi pada bisnis
dan teknik
7.
Proses operasi sudah cepat
c. Komputer Generasi
Ketiga
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang
sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga
muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi
membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu
kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal
ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi
ketiga.
d. Komputer Generasi
Keempat
Setelah IC ditemukan, perkembangan
komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa
kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam
sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output)
kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan
untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini
mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh
kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Dikembangkan komputer mikro yang
menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori
komputer.
Pada generasi ini komputer sudah
memaki Large Scale Integration (LSI)
e. Komputer Generasi
Kelima
Sejarah perkembangan komputer generasi
kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini
ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan
pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga
ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel
Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat
adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di
samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah
menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih
tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar
juga menjadi semakin cepat.
C. Perangkat Komputer
Jenis
Komputer Berdasarkan Ukuran Fisik dan Kemampuan Pemrosesan :
1. Super
Komputer; memproses ratusan milyar instruksi per detik.
2. Komputer
Mainframe; memproses ratusan juta instruksi per detik
3. Komputer Mini; mempunyai kemampuan yang
hampir sama dengan komputer mainframe, tergantung dari ukuran
fisiknya.
4.
Komputer Personel; memproses jutaan instruksi per detik
·
Perangkat
Keras Komputer
1. Bahasa Mesin
Perangkat
keras komputer berpikir dalam bahasanya sendiri yang disebut sebagai bahasa
mesin.
2. Unit Prosessor Pusat
(Central Processor Unit / CPU)
Adalah
bagian internal komputer yang menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya
oleh program komputer. CPU terdiri atas: Unit pengendali, Unit logika
aritmatika (Aritmatic Logical Unit / ALU), dan Memori primer.
Unit Pengendali
Bertugas
mengarahkan seluruh sistem komputer dalam menjalankan seluruh fungsinya.
Unit Logika Aritmatika
Bertugas
melaksanakan semua pekerjaan komputasi dan logika.
Memori Primer
Sebagai
tempat menyimpan hasil instruksi-instruksi yang dilakukan ALU. Jenis memori ini
mempunyai 2 ciri:
–Mudah berubah, data akan hilang jika aliran listrik off.
–Random accessible memory (RAM), berarti ALU dapat secara langsung mengakses
data dalam memori.
3. Prosesor Pendukung
Adalah
pembantu CPU yang bertugas melaksanakan fungsi-fungsi khusus. Contoh:
Komunikasi, vidio/audio
4. Penyimpan Sekunder
Adalah
penyimpanan data di luar CPU, yang terdiri atas:
1.
Pita Magnetik, baik dalam bentuk rol dan cartridge
2.
Disk Magnetik yang biasa disebut dengan disket
3.
Disk Optikal (contoh CD-ROM)
D. Pemanfaatan Sistem
Informasi / Teknik Informatika
Komputer merupakan aplikasi dari teknologi berbasis
informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan sebagai perangkat utama untuk
mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dengan memproses, menyajikan
dan mengelola informasi.
Ø Pemanfaatan
TI bagi perusahaan
Ada 4 peranan mendasar
teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:
Fungsi
Operasional akan membuat struktur organisasi
menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi.
Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit
terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai
supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm
infrastructure.
Fungsi
Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan
teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas
di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur
organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau
peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para
manajer di perusahaan terkait.
Fungsi
Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke
tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai penyedia
dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah tambahan informasi bagi
para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah
keputusan penting sehari-harinya.
Fungsi
Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm
infrastructure. Dalam era organisasi modern dimana teknologi informasi
ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam
berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
Ø Pemanfaatan Dalam Bidang Pendidikan
Di dalam bidang
pendidikan ini, teknologi informasi atau sistem informasi sangatlah dibutuhkan
karena sekolah memerlukan ilmu tambahan yang berasal dari luar sekolah dan
dengan adanya teknologi informasi ini dapat memudahkan baik guru maupun siswa
dalam memberikan materi ataupun soal melalui E-Learning.
Ø Pemanfaatan Dalam Bidang Kesehatan
a. Pemanfaatan Teknologi Informasi di Bidang
Manajemen Kesehatan :
1. Mambantu dalam
Membangun Sistem informasi rumah sakit (SIR) secara luas.
Sistem
informasi rumah sakit sangat menolong untuk pertukaran informasi antar rumah
sakit.
2. Membantu dalam
melakukan manajemen oleh perawat
Teknologi
informasi dalam SIKM, dapat digunakan untuk membantu perawat dalam menadta
pasien, mengklasifikasikan pasien, catatan personal mengenai riwayat penyakit
pasien serta laporan bertahap menganai kondisi dari pasien yang dirawat.
3. Membantu pembuatan
Sistem Klasifikasi Pasien
Dengan bantuan alat
komputer, dapat membantu dalam menentukan kebutuhan tenaga di ruang rawat,
berguna juga untuk memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah
pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat
diobservasikan oleh perawat.
4. Alat bantu rekam
medik
Komputer
di rumah sakit adalah membantu dalam
penerapan rekam medis medis. Pengertian rekam medis berbasis komputer secara
prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis
serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis
komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal dari
hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll),
konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis.
5. Pengembangan E_Health
di RS
Pengembangan
E-health di Rumah Sakit. Sebagai contoh,
e-Health dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program yang membantu
dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara
elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan
melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real
time melalui internet.
b. Pemanfaatan
Teknologi Informasi di Bidang Pelayanan Kesehatan :
1. Dengan TIK, maka peningkatan gizi buruk,
peningkatan kejadian malaria, diare, demam berdarah, dapat terdeteksi lebih
dini melalui perangkat TIK yang bergerak (m-Health).
2. Kemajuan TIK juga dapat membantu
mengatasi masalah langkanya tenaga ahli di daerah dengan menerapkan pengobatan
jarak jauh, seperti: tele-medicine, tele-consultation, dan tele-radiology. Saat
ini, Pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti institusi
pendidikan, organisasi profesi, dan pelaku industri telah mengembangkan
pengobatan jarak jauh.
3. Penerapan TIK dalam bidang kesehatan
telah mengubah pola juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu
dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis
untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena
dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
4. Digunakannya robot untuk membantu proses
operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi
untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
5. Telemedicine merupakan suatu layanan
kesehatan antara dokter atau praktisi kesehatan dengan pasien jarak jauh guna
mengirimkan data medik pasien menggunakan komunikasi audio visual mengunakan
infrastruktur telekomunikasi yang sudah ada misalnya menggunakan internet,
satelit dan lain sebagainya.
6. Komputer Genggam (PDA/Personal Digital
Assistant)
PDA
dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data klinis pasien, informasi
obat, maupun panduan terapi/penanganan klinis tertentu. Contoh aplikasi klinis
yang dapat digunakan di PDA seperti epocrates. Pemanfaatan PDA yang sudah
disertai dengan jaringan telepon memungkinkan dokter tetap dapat memiliki akses
terhadap database pasien di rumah sakit melalui jaringan internet. Salah satu
contoh penerapan teknologi telemedicine adalah pengiriman data radiologis
pasien yang dapat dikirimkan secara langsung melalui jaringan GSM. Selanjutnya
dokter dapat memberikan interpretasinya secara langsung PDA dan memberikan
feedback kepada rumah sakit.
Perkembangan Perangkat Keras dan
Perangkat Lunak
A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Input
Kebanyakan komputer
tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti
percakapan atau dokumen tertulis. Oleh karenanya, kita perlu mempresentasikan
data ke komputer dengan suatu cara yang bisa memberikan konversi yang mudah ke
bentuk elektronik.. Hal ini biasanya dicapai dengan mengetikkan data ke dalam
peralatan keyboard yang mengubahnya menjadi bentuk machine-sensible (yang bisa dirasa
mesin). Perangkat keyboard hanyalah salah satu dari jenis input device (perangkat input).
Proses
Pemerosesan dilakukan
oleh mikroprosesor,
meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya
dengan main memory, sebab ia merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga
ditempatkan pada papan sirkut elektronik. Pada sebagian besar komputer yang
lebih besar, pemerosesan dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai
pengganti mikroprosesor tunggal.
Kontrol
Setiap komputer
mempunyai unit kontrol yang
menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu,
dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang
diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua
operasi hadware yang
diperlukan untuk mematuhi instruksi itu.
Penyimpanan
Penyimpanan (storage).
Data dan instruksi memasuki main
storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai
diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut
mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil
tindakan tersebut akan disangga sampai ia diperlukan untuk output. Penyimpanan
utama dilengkapi dengan auxiliary
storage (penyimpanan tambahan) yang lebih murah, yang juga
disebut backing storage (penyimpanan
cadangan), (misalnya, hard disk (1.9b) untuk tujuan penyimpanan massal.
Penyimpanan cadangan berperan penting dalam menyangga “maintained data” (data yang
dipelihara), yakni data yang disangga oleh komputer, sehingga ia bisa
memberikan informasi kepada pemakai apabila diperlukan.
Output
Output mempunyai dua
bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan
menggunakan laser printer atau
bisa ditampilkan pada layar monitor.
Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukkan ke output device (perangkat
output). Perangkat ini bisa berupa printer, dimana dalam hal ini
informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tecetak (printed form) yang
disebut hard copy.
B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
Ø Evolusi
Perangkat Lunak
A. Era Pioneer (Tahun 1950 – 1960)
- Proses
Batch
- Distribusi
Terbatas
- Pembuatan
Khusus
B. Era
Stabil (Tahun 1970 – 1980)
- Multi
User
- Real
Time
- Database
- Produk
Perangkat Lunak
C. Era
Mikro (Tahun 1980 – 1990)
- Sistem
Tersebar
- Penanaman
Kecerdasan
- Perangkat
Lunak Murah
D.Era
Modern (Tahun 1990 – 2000an)
- Sistem
Desktop
- Teknologi
Objek
- Sistem
Pakar
- Pemrosesan
Paralel
- Jaringan
Komputer
Ø Klasifikasi
Perangkat Lunak
1. Perangkat Lunak Sistem
Bahasa
Pemrograman
- Bahasa Pemrograman Generasi Pertama
Menggunakan Bahasa Mesin dengan suatu rangkaian
angka 0 dan 1.
- Bahasa Pemrograman Generasi Kedua
Menggunakan Bahasa rakitan (Assembler)
- Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga
Menggunakan Language translator, kompiler dan
interpreter
Contoh : Basic, Pascal,Fortran,C++,Cobol
- Bahasa Pemrograman Generasi ke
empat
Bahasa Non prosedural yang memungkinkan seorang
programmer
menginstruksikan apa yang harus di lakukan komputer
daripada bagaimana
melakukannya
Sistem Operasi
Sistem Operasi
Berbasis Teks
Sistem
operasi ini adalah sistem operasi yang masih berbasis dos atau cmd, sistem
operasi ini mulai berkembang pada generasi kedua dan dasar dari pembuatan
sistem operasi ini menggunakan bahasa assembly.
Macam
– Macam Sistem operasi berbasis teks :
-Windows
95,97 dan 98
-Ms-DOS
V.205, Ms-DOS V.3.0, Ms-DOS V.3.2
-Ms-DOS
V.3.3, Ms-DOS V.4.0, Ms-DOS V.5.0
Macam
– Macam Perintah Sistem operasi berbasis teks :
DIR,COPY,DEL,REN,MOVE,MD,CD,RD
DLL
Sistem Operasi
Berbasis Grafis
Sistem
operasi berbasis grafis atau biasa disebut GUI ini adalah sistem operasi yang
sudah menggunakan grafi user interface untuk mempermudah user yang akan
menggunakan nya, sistem operasi ini adalah pengembangan lanjut dari sistem
operasi berbasis teks.
Beberapa
sistem operasi berbasis grafis antara lain :
-windows
2000, windows xp,windows vista, windows 7, windows 8 dll
-linux
ubuntu 14.04, linux bactrack,linux mint dll
-Mac
Os 10.10 El Capitan, Mac Os 10.12 Sierra dll
Utility
Adalah
program bantu yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang behubungan dengan
sumber daya sistem. Terdapat 2 macam utility yaitu:
- Utility
Internal = utility yang terdapat di dalam os yang telah diinstall
- Utility
eksternal = Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows,
harus menginstall terlebih dahulu.
Contoh
dari Utility :
a.
Back up
b. Character Map
c. Disk Cleanup
d. Disk Defragmenter
e. Files and Setting Transfer Wizard
f. Internet Explorer
g. Scheduled Task
h. System Information
i. System Restore
b. Character Map
c. Disk Cleanup
d. Disk Defragmenter
e. Files and Setting Transfer Wizard
f. Internet Explorer
g. Scheduled Task
h. System Information
i. System Restore
2. Perangkat
Lunak Aplikasi
a) Aplikasi
Office
adalah perangkat lunak yang berguna untuk
mengerjakan tugas tugas tugas yang berhubungan dengan presentasi, kata , angka
bahkan yang berhubungan dengan database. ada berbagai macam aplikasi office
seperti :
-Microsoft word
-Microsoft Excel
-Microsoft Powerpoint
-Microsoft Access
b)
Aplikasi Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi
berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah
gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi
interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan
sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks,
grafik dan animasi.
Macam – Macam aplikasi multimedia :
A.Media Player
Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan
atau memainkan audio atau video.
Contoh : Windows media player,winamp,real player,
windows media classic
B.Audio/Video Editor
Perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi
atau mengedit informasi yang berupa video atau audio.
Contoh : adobe premiere pro, windows movie
maker,gimp
C.Image viewer
Perangkat lunak yang digunakan untuk melihat
informasi yang berupa gambar.
Contoh : acdsee,xnview
c)
Aplikasi Internet
adalah
suatu aplikasi yang berhubungan dengan jaringan dan digunakan untuk mencari
suatu informasi lain nya.
-WWW
WWW (World Wide Web) yaitu dokumen-dokumen
internet yang tersimpan di server-server yang ada di seluruh dunia. Dokumen web
ini dibuat dengan memakai format HTML.
-E- Mail
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi
internet yang di prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk
komunikasi elektronik. Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!
Dan Gmail,dan masih banyak lagi yang lainnya
-Ping
Ping adalah aplikasi internet atau juga bias di
sebut Packet Internet Gopher yang sering dipakai untuk mengetaui apakah
komputer yang anda pakai terhubung dengan komputer lain di internet.
-Mailing List
Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi
internet yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar
informasi dalam bentuk kelompok melalui e-mail.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar